Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Media untuk Menulis Artikel dan Dibayar

Media untuk menulis online sekarang sudah sangat banyak dan menjamur. Mulai dari media online hingga media cetak. Hal ini merupakan salah satu sarana bagi Anda untuk mengirim artikel yang sudah Anda tulis dan diterbitkan

Untuk Anda yang penulis pemula dan masih dalam belajar menulis, tidak ada salahnya mencoba mengirim tulisan ke media yang membayar. Meskipun bayarannya tidak seberapa. 

Ini akan membuktikan dan menjadi validasi apakah tulisan Anda layak dimuat atau tidak. Ketimbang Anda kirim ke media mainstream yang kecil kemungkinan untuk lolos, lebih baik Anda mengirim tulisan Anda ke media di bawah ini.

Saya merangkum lima platform atau media online yang bisa membayar tulisanmu. Anda bisa mengirim tulisanmu di media-media di bawah ini dan dibayar.

Mojok.co

Mojok adalah salah satu platform media online yang banyak diminati oleh anak muda jaman sekarang. Karakteristik media Mojok.co memang sangat khas sehingga bisa membuat orang-orang tidak bisa melupakan Mojok.

Untuk menulis di Mojok, menurut saya sendiri memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Mojok.co menerbitkan satu tulisan dalam satu hari, dan Mojok.co akan memilih satu tulisan terbaik yang bisa mereka terbitkan di hari itu.

Di Mojok.co, memiliki beberapa jenis tulisan yang bisa kamu pilih. Salah satu yang paling populer adalah Esai. Selain itu, Mojok.co juga memuat tulisan yang membahas seputar teknologi, horor, dan liputan.

Untuk honor yang didapatkan di Mojok.co, kurang lebih sekitar Rp300.000,. Lumayan buat kamu yang mahasiswa, bisa dipakai buat belanja baju di Uniqlo. Lebih jelasnya, silahkan kunjungi langsung website Mojok.co di sini.

Terminal Mojok

Terminal Mojok merupakan alternatif ketika tulisanmu tidak bisa terbit di Mojok. Terminal Mojok menampung tulisan yang hampir mirip dengan Mojok.co, hanya saja lebih informatif.

Saya sendiri sudah hampir dua tahun mengirim tulisan di Terminal Mojok (tentu karena tulisan-tulisan saya tidak berhasil dimuat di Mojok.co), dan hasilnya bagus. Redaktur Mojok.co sama saja dengan Terminal Mojok.

Tulisanmu akan diedit terlebih dahulu sebelum dimuat.

Buat kamu yang baru ingin menulis di media dan berharap dimuat di media sekelas Mojok, maka kirim saja ke Terminal Mojok. Meskipun honornya hanya Rp25.000, tapi Terminal Mojok adalah salah satu platform yang bisa kamu pakai untuk menguji apakah tulisanmu sudah layak baca atau tidak.

Untuk lebih jelasnya silahkan cek persyaratannya di sini, dan untuk kirim tulisan, klik saja di sini.

Milenialis.id

Milenialis adalah media selanjutnya yang akan membayar tulisanmu. Media ini memang tidak setenar Mojok dan Terminal Mojok, tapi banyak juga, kok, penulis yang mengirim tulisannya di sini.

Milenialis akan memberikan kamu sebuah imbalan ketika tulisanmu berhasil dimuat. Menurut informasi yang saya dapatkan, Milenialis menerbitkan dua tulisan dalam satu hari. Maka dari itu, kamu bisa mengirimkan tulisan terbaikmu ke sini supaya bisa diterbitkan.

Karakter dari tulisan di Milenialis adalah esai populer, meskipun begitu kamu tidak bisa mengirimkan tulisan terlalu bercanda seperti di Terminal Mojok. Esai kamu harus memiliki sedikit bobot yang bisa dinikmati oleh pembaca Milenialis.

Kamu harus mengirim tulisan yang memiliki hubungan dengan isu-isu anak milenial kekinian. Untuk lebih jelasnya, silahkan klik link di sini.

Voxpop.id

Ini adalah salah satu media favorit saya. Voxpop merupakan media yang menerima tulisan yang berbau populer. Tulisan-tulisan di sana sangat segar dengan isu-isu kekinian yang banyak dialami oleh anak muda.

Kamu bisa mengirim tulisanmu di sini. Syaratnya, gagasan di tulisanmu harus kuat. Kamu harus punya sikap tegas atas tulisan yang kamu kirimkan di sini. Dengan begitu, redaktur akan mempertimbangkan tulisanmu untuk dimuat.

Selain itu, supaya pembaca tidak bosan, Voxpop memiliki kecenderungan untuk menerima tulisan yang enak dibaca, dengan bahasa yang luwes dan tidak kaku. Maka dari itu, latih dirimu dengan terus-terusan menulis supaya bisa lolos.

Untuk info lebih jelas, klik link di sini.

Cangkeman.net

Ini adalah media baru. Pengetahuan saya tentang media ini sangat minim. Meskipun demikian, kamu bisa mengirim tulisanmu ke media ini. Pasalnya, Cangkeman adalah media yang akan membayar tulisanmu.

Karakter dari media ini adalah cenderung bercanda. Mirip dengan Terminal Mojok. Meskipun demikian, kamu tetap harus memiliki gagasan yang kuat di tulisanmu.

Kamu tidak bisa sembarang menulis di media tanpa memiliki gagasan yang kuat.

Jika kamu berminat untuk menulis di Cangkeman, kamu bisa kunjungi langsung websitenya, atau bisa klik link di sini.

Penutup

Demikian 5 Website Menulis Artikel dan Dibayar, saya harap kamu bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini.

Setelah tahu 5 website menulis online yang bisa membayar tulisanmu, kamu jangan serta-merta mengirim semua tulisan yang kamu punya ke sana. Kamu harus memastikan kalau tulisan kamu layak untuk dimuat.

Hal yang paling sederhana adalah mengecek apakah tulisanmu mengandung typo. Ini adalah hal yang paling dibenci oleh redaktur.

Maka dari itu, untuk memastikan bahwa tulisanmu layak untuk dimuat, bacalah secara berulang tulisanmu. Pastikan bahwa tulisanmu memiliki gagasan kuat, kalimat yang utuh dan layak untuk ditayangkan di website mereka.

Saya akan membuat artikel tentang bagaimana cara menulis esai populer untuk dikirimkan ke media, tapi tentu tidak sekarang. 

Terakhir, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

Posting Komentar untuk "5 Media untuk Menulis Artikel dan Dibayar"